Laa Tahzaniy…

Standard

Melahirkan itu proses yang memang berat. Maka sangat bisa dimengerti bagaimana beratnya Maryam menghadapinya seorang diri. Sudahlah tak ada suami, bidan apalagi. Hanya bersandar di bawah pohon kurma menghadapi persalinan seorang diri.

Maka bisa dimengerti, bebannya kala itu, sampai-sampai ia berkata, “Yaa laitaniy mittu qobla hadza wakuntu nasyan mansiyya.” QS. Maryam: 23

“Wahai, betapa (baiknya) aku mati sebelum ini dan aku menjadi seorang yang tidak diperhatikan dan dilupakan.” Kalimat ini, seolah kalinat depresi bukan? Putus asa dan pengen mati saja. Maka jangan anggap bualan bahwa ibu pasca melahirkan itu beban fisik dan psikisnya berpotensi jadi depresi.

Lalu Jibril datang kepada Maryam dan berseru padanya, “Laa tahzaniy… jangan kamu bersedih.”

Kemudian Jibril berkata agar Maryam menggoyangkan pangkal pohon kurma agar menggugurkan buahnya. Kalimat ini, kalau untuk orang sensi sangat bisa bikin dongkol.

Bayangkan, orang sedang kontraksi melahirkan itu kayak apa beratnya. Sudahlah sakit, lelah, payah, Maryam pun hampir putus asa. Eeh, masih disuruh menggoyangkan pohon kurma. Tau kan pohon kurma itu kayak apa? Kalau macam pohon jambu mah digoyang mungkin bisalah lalu jatuh buahnya. Lhah pohon kurma? Yang kokoh macam pohon palem itu? Seberapalah tenaga wanita muda yang sedang prosesi melahirkan itu, sehingga diperintah menggoyang pohon kurma??? Kenapa Allah tidak jatuhkan langsung saja itu buah-buah kurma? Jadi siap saji begitu???

Salah satu hikmahnya adalah bahwa Allah ingin melihat usaha hamba-Nya. Mudah sekali bagi Allah tinggal kasih instan pada Maryam, buah kurma dijatuhkan siap saji di depannya. Tapi Allah ingin melihat usaha seorang hamba, sebagai penanda bahwa ia tidak putus asa dari rahmat Allah. Maka Allah pun menggugurkan untuk Maryam, ruthoban janiyya. Buah kurma yang masak.

Jangan bersedih, jangan putus asa. Rahmat Allah itu dekat sekali.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s