Jagalah Pakaianmu

Standard

“Jagalah pakaianmu maka pakaianmu akan menjagamu.” Quote by Citra W. Hapsari.

Sukaaa quote ini. Maknanya dalam. Ajining rogo ono ing busono, kata pepatah Jawa. Berharganya tubuh dilihat dari cara berbusana. Di Alqur’an sendiri disebutkan salah satu hikmah disyariatkannya jilbab adalah agar aman. “…yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali sehingga mereka tidak diganggu…” (QS. Al Ahzab: 59). Bagaimanapun pakaian itu menjadi faktor keamanan.

Pada bab lain di Alqur’an dikatakan bahwa suami istri itu ibarat pakaian. Hunna libasullakum, wa antum libasullahunna. Mereka (istrimu) adalah pakaian bagimu, dan kamu adalah pakaian bagi mereka. (QS. Albaqoroh: 187)

Iya, ibarat pakaian. Menjadi semisal pakaian, berarti menjaga. Yang melindungi secara dzohir maupun batin. Yang memperindah, memantaskan diri untuk tampil. Yang menutupi aib, memelihara kehormatan. Yang bisa menempatkan diri, sebagai apa ia dibutuhkan.

Bukankah malu dan tidak aman jika kita pakai baju yang robek atau compang-camping? Maka jangan robek-robek pakaianmu dengan menceritakan aib pasangan atau mengeluhkan kekurangannya pada orang lain atas dasar nafsu.

Jagalah dirimu, dengan menjaga pakaianmu.

#a note to reminder
#a walk to remember

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s