Prasangka yang Terbatas

Standard

Sore beberapa hari kemarin, mendapat cerita luar biasa dari seorang ibu muda nan cantik, tentang ia dan keluarga kecilnya. Sabahat-sahabat terdekatnya ini baru tau bahwa beliau mempunyai masalah yang selama ini disembunyikan. Bahwa ia menyimpan rapi alasan-alasannya selama ini karena suatu hal. Suatu hal yang memang aib keluarga dan tak ingin dibuka. Lantas selama ini membiarkan saja rekan-rekan menilainya begini begitu bla bla bla. Maka ternyata, prasangka-prasangka itu mendapati alasannya. Gemes sekali rasanya. Saya membayangkan jika menjadi beliau, betapa ngamuknya saya. Apalagi jika itu tentang keselamatan jiwa anak-anak, tentang ketentraman keluarga.

——————————————————————

Setidaknya, saya belajar dua hal:
Pertama, jangan merasa beban ujianmu itu sok berat amat. Kamu tidak tau, ada orang-orang yang ujiannya jauh darimu. Jadi jangan suka bikin-bikin perkara. Apalagi membesar-besarkan perkara kecil. Di luar sana, ada orang yang punya perkara berat dan belum ketemu solusinya.

Pelajaran kedua: seringkali penilaian kita tak pernah seutuhnya benar. Karena kita ini terbatasi oleh indera. Yang mampu kita rasa, kita raba, lantas kita nilai hanya hal-hal yang kasat mata yang mampu terindera. Di luar itu, kita tidak tahu kondisi sesungguhnya orang yang kita nilai.

Maka berhati-hatilah berprasangka pada saudaramu. Lantas istighfarlah atas prasangkamu yang keliru. Adalah lebih baik kau tau betul apa yang sedang mereka hadapi sebenarnya.

—————————————————————-

*semoga apa yang terbuka membuah doa dari orang-orang yang menyimak cerita
*semoga Allah jaga mereka, anak-anak, dan keluarga mereka dari segala marabahaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s