Masa Panen

Standard

Perlu waktu sekitar tiga bulan bagi petani dari sejak menyemai benih sampai memanen padi. Beda lagi kalau pohon durian. Perlu waktu bertahun-tahun dari sejak menanam biji sampai bisa memetik buahnya.

Amalpun demikian. Ada yang balasannya oleh Allah disegerakan dalam hitungan hari, minggu, atau bulan. Ada yang kita harus menunggu bertahun-tahun. Bahkan sampai kita lupa pernah beramal demikian. Atau barangkali bukan kita panen di dunia tapi di akhirat. Sekehendak Allah lah.

Amal baik atau buruk, ada hasilnya. Yang sedang ingin dimotivasi disini adalah tentang amal baik. Sesimpel apapun, Allah mengetahuinya. Yakinlah tak ada kebaikan yang sia-sia. Meskipun tak perlu juga kita ingat-ingat kita pernah berbuat baik. Jangan-jangan itu hanya perasaan kita saja, padahal nihil nilainya di mata Sang Pencipta (na’udzubillah ya, semoga tidak demikian).

Jangan remehkan kebaikan pada siapapun, karena bisa jadi orang yang kita sikapi baik, beberapa kurun waktu kemudian ternyata Allah datangkan sebagai washilah pertolongan dalam kesulitan kita.

Jadi ya, begitulah kira-kira. Kebaikan sesederhana apapun, Allah merekamnya, semoga dihitung sebagai pahala dan ada masanya kita memanen hasilnya.

“Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya. Dan barangsiapa mengerjakan kejahatan sebesar zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya.”
QS. Az-zalzalah ayat 7-8

#pelajaran darinya, dari sana :,)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s