Ketika istrimu mengomel

Standard

Ketika Umar bin Khattab rodhiyallohu ‘anhu dimarahi istrinya, ia hanya diam mendengarkan. Padahal saat itu Umar lah satu2nya orang yang setan pun sampai takut kepadanya. Alih-alih menghardik istrinya, ia hanya diam mendengarkan istrinya mengomel.

Ketika ditanya kenapa, Umar malah menceritakan betapa besar jasa istrinya dalam kehidupannya.

“Bagaimana aku bisa marah kepada istriku. Dialah yang mencucikan bajuku, dialah yang memasak roti dan makananku, ia juga yang mengasuh anak-anakku, padahal semua itu bukanlah kewajibannya. Karena istriku, aku merasa tenteram (untuk tidak berbuat dosa). Maka, aku harus mampu menahan diri terhadap perangainya.”

MaasyaaAllah.

Kalau ingat kisah Umar ini, sy selalu ingat pada suami sy sendiri. Yang kalo istrinya mengomel dia tetap sabaaar sekali.

Nah kalo sy, ada cerita lain. Pernah sy semobil dengan pasangan ustadz ustadzah. Setelah terjadi suatu hal, sang ustadzah bertanya “kam?” Pak ustadz jawab apa gak ngerti, pake bahasa Arab soalnya. Kemudian istrinya bertanya dengan nada agak ketus “as-aluka kam?!” Baru dijawab sebuah angka. Kemudian, masih dalam bahasa arab ibu ustadzah semacam protes dan mengomel ke suaminya.

Maka ternyata, yang namanya istri itu entah sekaliber ustadzah atau istri khalifah, sama saja…ngomelin suaminya. hihi.

Cukuplah kemudian akhlak yg Umar contohkan menjadi tauladan kita. Menurut sy, hikmahnya bukan hanya agar suami bersabar terhadap istri. Tapi juga sebaliknya. Jika suami bisa bersabar pada istri karena ia sayang dan menghargai kebaikan2 istrinya, maka sebaliknya istri pun seharusnya bisa melihat sisi baik suami. Mengingat-ingat kebaikan dan jasanya. Pengorbanannya untuk membahagiakan istri, jerih payahnya mensejahterakan keluarga, komitmennya membangun rumah tangga, dll.

Semoga dengan begitu, istri dapat menahan diri juga agar tak selalu marah2 dan mengomeli suami.

Harmonis :)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s