Begitulah ibu :)

Standard

Baru selesai sholat, baru juga menengadah tangan, si bayi bangun dan merengek. Tak jadi lah doa dilanjut, apalagi sholat sunnah, pun tak sempat berlama2 untuk dzikir panjang. Ganti meraih si bayi.

Kadang, belum juga salam mengakhiri sholat, si bayi rewel menangis. Jadilah sholat dipercepat, seusainya langsung menangani si bayi, tanpa sempat tengadah tangan berdoa.

Suatu ketika, baru juga takbiratul ihram memulai sholat, si bayi menangis pula tak mau ditinggal. Maka dibatalkanlah sholat, digendong sang bayi sembari sholat. Atau ditunda hingga si bayi tenang.

Wudhu pun, berkejaran dengan waktu, khawatir kalau2 si bayi lincah yg baru belajar duduk atau merangkak tiba2 bergerak kesana kemari dan jatuh.

Begitulah ibu. Banyak urusannya terjeda oleh prioritas menangani si bayi lucu, termasuk urusan ibadah. Kadang berpikir, tak lagi bisa jenak sejenak dulu untuk berlama2 terpekur sholat, berdoa, atau berdzikir. Kecuali saat si bayi tidur lelap lapp. Padahal banyak daftar permohonan yg ingin terlampir dalam doa2.

Tapi kemudian merenung-renung… Untunglah Allah itu Maha Baik memberikan kita banyak kesempatan untuk berdoa. Bahwa waktu2 pengabulan doa yg mustajab tak hanya selepas sholat. Tapi juga saat2 setelah adzan sebelum iqomat, saat malam hari/ sepertiga malam, saat turun hujan, saat mendengar ayam berkokok, saat hari Jum’at, saat safar, saat berbuka puasa. Bahkan setiap saat kita berdoa, sambil ngeloni atau momong anak, bisa2 saja. Bahkan di tengah kerepotan2 ibu, Allah mengistimewakannya, bahwa doa2 seorang ibu itu tak terhijab. Maka menjadi keberuntungan lah bagi ibu, untuk berdoa kapanpun ia mau, kapanpun ia sempat. Berdoalah kapanpun kita ingat deretan permohonan kita. Begitulah ibu :)

9 responses »

  1. emak-emak banget mbak, :D seumur rafa makin dag-dig-dug ya mbak kalo ditinggal dlm keadaan ga tidur?? woaa, si hafidz masih bisa ditinggal ngapa2in, *wong belom kemana2* :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s