Cara Ibuku mengajak Anak-anak meramaikan mushola

Standard

Adalah keprihatinan tersendiri bagi bapak dan ibuku mendapati bahwa generasi muda di desa terutama di RT kami sangat kurang partisipasinya untuk meramaikan masjid/mushola. Sangat sedikit yang mau istiqomah sholat jama’ah lima waktu, belum lagi perkara adzan dan iqomah, kebanyakan mengandalkan satu dua orang saja. Padahal kelak nantinya mereka juga yang akan menjadi generasi penerus, termasuk menghidupkan mushola.

kartun-masjid-dr-cybermq

Gemas dengan kondisi yang ada, akhirnya ibuku membuat sebuah inisiatif. Pada saat bulan Rojab, ibuku mengambil momen Isra’ Mi’raj untuk mengadakan pengajian special, bukan untuk memperingati Isra’ Mi’raj, hanya saja mengambil momennya untuk me-launching sebuah program. Di arisan PKK ibu-ibu dan anak-anaknya diundang, diadakan semacam acara pengajian special dengan menghadirkan hadrahnya emak-emak (hihihii) kemudian ada tausyiyah dari ibu dan kejutan doorprize untuk tiga anak yang paling aktif ke mushola. Di acara tersebut beliau memberi tausiyah terutama tentang motivasi agar anak-anak bersemangat meramaikan mushola, dan para orangtua juga memberi tauladan dan memberi dukungan. Kemudian beliau melaunching sebuah program untuk anak-anak yang rata2 usia SD dan SMP di RT kami, yaitu: arisan anak.

Jadi acaranya tiap malam minggu mereka (sekitar 20an anak) berkumpul di mushola, dibentuk penugasan bergilir antara lain: MC, tilawah, sari tilawah, kemudian materi tentang adab sehari2, cinta mushola, dan lain2 dari ibuku atau Bupuh Yah, tetangga depan rumah yang sama2 guru agama. Lalu arisan. Alhamdulillah, mushola jadi rame sekali, anak2 pada gembira, apalagi dapat arisan. Sejak itu, anak2 mulai semangat sholat jamaah dan adzan di mushola. Anak2 yang tidak pernah ke mushola setelah diberi penugasan (jadi MC atau ngaji) jadi semangat untuk hadir. Ide yang sederhana, namun sangat inspiratif dan motivatif menumbuhkan kesadaran anak2 untuk cinta mushola.

What a smart idea, that’s my mom, smart mom :’)
*this is it, tarbiyah

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s