Inspiring Rain

Standard

Wah, hujan deras di jogja. Tiba-tiba inspirasi dan semangat saya menulis menderas juga :mrgreen:
Semoga tak lupa doa pendek dan mudah selalu kita ucap di kala hujan: Allohumma shoyyiban naafi’aa… ya Allah berikanlah hujan yang bermanfaat.

Singkat dan mudah. Sebuah permohonan yang sederhana tapi buktinya luar biasa. Hujan didatangkan Allah sebagai rezeki bagi makhluknya. Petani yang menggantungkan pengairan sawahnya pada curah hujan, daerah tandus kekeringan yang butuh siraman air langit sekedar untuk ditampung sebagai kebutuhan sehari-hari, bahkan kodok pun bersuka cita berdendang teot teblung…teot teblung… tentulah hujan begitu bermanfaat.

Begitupun sebaliknya kadangkala hujan didatangkan Allah sebagai ujian musibah, entah banjir, tanah longsor, etc. Ow, tapi tunggu dulu. Kebanyakan bencana itu juga disebabkan ulah manusia yang semena-mena terhadap alam.

Hujan memang bisa menjadi ujian bagi siapapun. Kadang sangat sepele, hujan membuat orang rada enggan dan ogah-ogahan keluar rumah. Bagi orang-orang yang hendak berangkat bekerja, sekolah, mengaji, atau syuro misalnya. Termasuk ujian bagi petani. Kemarin ibuku mengabari bahwa panen di desa banyak yang gagal. Ada yang padinya (belum siap panen) membusuk di sawah karena terendam air hujan plus serangan hama, ada yang sudah dipanen namun tidak bisa menjemur karena siang pun sering hujan, termasuk gabah bapak, banyak yang mulai “tukul” (tumbuh berkecambah) karena lembab dan susah cari panas matahari. Ya begitulah resiko petani. Tapi bagaimanapun, aku sangat bangga pada para petani, dengan fluktuasi keberhasilan panen yang tidak bisa ditebak (kadang diserang hama, hujan, dll) mereka toh tetap istiqomah menjadi petani, pejuang pangan. Gagal panen, tentulah tak pantas menyalahkan hujan, toh kita selalu percaya itu bentuk rahmat Allah pada makhluk-NYA. Opsi sikap dalam hal ini tentu saja sabar, salah satu dari dua “tunggangan” Umar yang nilainya setali tiga uang dengan syukur. Kemudian kita bisa mengambil pelajaran tentang doa singkat padat di atas, termasuk bagi para petani, untuk memohon pada Allah hujan yang bermanfaat bagi sawah-sawah mereka.

::sore, 10/03/2012::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s