Logoterapi tentang Flu

Standard

Flu,

Mengajarkan bahwa kita disuruh banyak berdzikir dan bersyukur pada Allah: “Alhamdulillah”
Lalu orang2 di sekitarmu akan mendoakan: “Semoga Allah menyayangimu” (Yarhamukillah)
Dan kau balas mereka dengan doa yang mulia: “Semoga Allah memberi kalian petunjuk dan memperbaiki keadaanmu.” (Yahdikumullah wa yushlih baalakum)
…Maka, tiba-tiba flu akan terasa indaaah ;)

Hummm, sebuah mekanisme menghibur diri.

 

 

Kenapa flu dan bersin-bersin perlu disyukuri?
Satu, karena begitu kata Rosul. Anas bin Malik RA bercerita, ada dua orang bersin di dekat Rosulullah SAW. Beliau mendoakan (tasymit) salah seorang dari keduanya, namun tidak mendoakan seorang yang lain. Ditanyakan alasannya, Rasul menjawab, “Sebab, orang yang satu mengucapkan ‘alhamdulillah’, sedangkan yang satu lagi tidak membacanya.” (HR Bukhari). Ahha. Aku jadi ingat cerita temanku dari UIN tentang seorang dosennya yang juga ustadz yang ku kagumi. Saat beliau sedang menjelaskan di depan kelas, salah satu mahasiswanya ada yang bersin. Hattcchiiiuuww! Seketika sang ustadz berhenti bicara, seperti sedang menunggu sesuatu terjadi. Para mahasiswa bingung lah, penasaran plus pada menatap heran ke ustadz, mungkin dengan pikiran “He? Kenapa Pak?” Lantas beberapa detik kemudian ustadz tersenyum dengan senyum khasnya sembari berkata: “Ndak usah didoakan ya, anaknya juga ndak berdoa.” Owalah…tertawalah mahasiswa sekelas (dan juga kami yang mendengar cerita temanku tadi). Si mahasiswa yang bersin malu paling ya, hihi.

Dua, karena bersin adalah sebuah nikmat. Kata Ibnul Qayyim, bersin dapat mengeluarkan uap dari dalam otak yang jika dibiarkan akan berbahaya (Zadul Ma’ad 2: 438). Bersin merupakan mekanisme pertahanan tubuh untuk mencegah masuknya zat asing ke dalam tubuh. Ketika bersin, udara kotor keluar dengan keras melalui hidung dan mulut berkecepatan sekitar 161 km/jam. Bahkan, Dr. Michael Roizen, Wellness Officer Cleveland Clinics menegaskan, bersin merupakan kegiatan yang positif karena berfungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut, dan tenggorakan). Dalam Syarah Riyadhus Shalihin, Syekh Utsaimin mengutarakan, bersin dapat menggiatkan otak dan meringankan tubuh.

Makanya, setelah bersin disunnahkan membaca hamdalah sebagai bukti syukur kepada Allah SWT. Rasul bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian bersin, ucapkan ‘alhamdulillah’ (segala pujian bagi Allah). Dan hendaklah orang yang mendengarnya mendoakan dengan ucapan yarhamukallah (semoga Allah merahmatimu). Dan orang yang bersih tadi membaca doa yahdikumullahu wa yushlihu balakum (semoga Allah memberikan hidayah dan memperbaiki keadaanmu).” (HR Bukhari).

Jum’at, 3 Juni 2011
saat flu mendera

One response »

  1. wahhh,..dan ternyata bersin itu menghentikan semua aktifitas orgn tubuh,bhkn jantung pun berhenti,..pada sepersekian sekon detik itu….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s