Kita Butuh Ujian Sebagai Pembuktian

Standard

Suatu hari.

Adik kosku: “Yieee, alhamdulillah, aku ujian mbak…tanggal 29!” Jelas terpampang ekspresi girang di wajahnya. Pun wajahku.

Yang membuatku kemudian berpikir adalah: seringkali, orang merasa ujian adalah suatu hal yang berat, sulit, menakutkan, bahkan tidak diharapkan datang dalam episode kebahagiaan kita. Tapi ketika menatap ekspresi bahagia adikku tadi, aku lantas berpikir: nah ini, dapat ujian kok malah girang? Lalu aku nemu sendiri jawabannya: oh iya ya, kita tu memang butuh ujian. Kita butuh ujian sebagai pembuktian bahwa kita mampu. Kita butuh ujian sebagai pembuktian dari ucapan dan perbuatan, apakah kita sudah melakukan yang terbaik sehingga layak mendapat nilai yang terbaik pula. Kita butuh ujian sebagai teknik screening siapa yang lulus dan siapa yang tidak bisa lulus memenuhi kualifikasi. Kita butuh ujian agar setelahnya kita mendapat akreditasi enough, good, or great, failed or succesful. Sebagaimana Allah memberikan ujian pada hamba-Nya sebagai pembuktian.

“Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya Kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.” (Q.S. Al Ankabut: 2 dan 3)

Bahkan kata-kata kita pun akan diujikan. Sebagai salah satu bahan/materi ujian, begitu kira-kira.

Sama halnya dengan status sebagai mahasiswa, kita butuh ujian untuk dinyatakan lulus sebagai sarjana. Nah, 3 hari lagi aku akan ujian akhir insya Allah. Meskipun ada rasa-rasa nervous, tapi sungguh senang rasanya mendapati kata “ujian”. Ujian memang harus disyukuri, karena justru dengannya kita dapat nilai. Maka bersiaplah dan berusaha sebaik-baiknya, untuk menyambut akreditasi dari Sang Pemberi Ujian.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s