Tsiqoh, Mempercayai yang Terbaik

Standard

Adakalanya memang pertimbangan penempatan SDM dalam bidang-bidang dakwah ini merumitkan. Bagi para formatur atau penyusun kepengurusan dakwah terutama. Wajar saja, kadang kekhawatiran itu muncul karena adanya prediksi-prediksi tentang apa yang akan terjadi di kemudian hari. Yang perlu diingat, setajam apapun analisa kita, tetap saja masa depan adalah sebuah rahasia takdir yang tidak bisa kita tembus untuk mengetahuinya di masa sekarang. Maka, sesudah syuro memutuskan penempatan SDM pada bidang-bidangnya, ikhlaskan dan tsiqoh-lah, kemudian lihat bagaimana manajemen kita berjalan. Biarlah kemudian skenario Allah memberikan kita pelajaran, mungkin  di kemudian hari ada hal-hal yang perlu disesuaikan untuk kemashlahatan. Demikian, Rosulullah pun pernah mengalaminya.

Ketika Fathu Makkah. Tidak kurang-kurang Rosulullah memperhitungkan penempatan pasukan menjadi empat kelompok besar untuk masuk ke Makkah lewat empat jurusan, dengan mewanti-wanti pada para pemimpin kelompok untuk tidak melakukan kekerasan apapun, meskipun mereka semua disiapkan dengan persenjataan perang lengkap, kecuali dalam kondisi yang amat sangat mendesak. Nyatanya, dalam perjalanan masing-masing kelompok tersebut menuju Makkah dengan jalurnya masing-masing, salah satu kelompok Anshar yang dipimpin Sa’ad bin Ubadah hampir saja membuat ricuh. Sa’ad, sang komandan saking semangatnya, meneriakkan semangat perang pada pasukannya. Setelah menerima laporan kejadian yang menyimpang jauh dari rencana awal tersebut, segera Rosulullah mengutus Ali bin Abi Thalib untuk mengejar rombongan Anshar tersebut, sekaligus mengambil alih pasukan. Sa’ad bin Ubadah segera masuk menjadi anggota pasukan Anshar sedang kepemimpinan diambil alih oleh Ali. Rosulullah me-reshuffle komposisi pasukan.

Maka ketika syuro telah menetapkan kebijakan, tsiqoh-lah bahwa insya Allah itu adalah keputusan terbaik. Jika ternyata tidak tepat, biar Allah memberi kita pelajaran setelahnya, apa-apa yang mungkin perlu kita benahi. Wallahua’lam.

Terinspirasi: “Yang Tegar di Jalan Dakwah”

Dipersembahkan untuk Al Ihsan-KMM UM

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s