Sugesti POSITIF

Standard

Kita seringkali membutuhkan banyak sugesti positif untuk menguatkan diri. Sugesti adalah sebuah kekuatan atau kemampuan yang dapat mempengaruhi pikiran seseorang, yang memiliki daya reinforcement terhadap pikiran dan perilaku. Positive thinking, positive feeling, positive behaviour. Sudah banyak teori dan penelitian terkait positive thinking yang membuktikan betapa pikiran sangat berpengaruh terhadap diri kita, bahkan terhadap usaha dan hasil usaha kita. Sebutlah dalam buku the secret, the law of attraction, teori psikosomatis atau logoterapi, di dalamnya menguraikan tentang kuatnya pengaruh pikiran terhadap diri seseorang. Baik secara medis atau psikologis sugesti terbukti membantu/mempengaruhi kesembuhan atau perkembangan seseorang.

Termasuk dalam hal kehamilan, kita sangat perlu sugesti positif dalam menjalani masa-masa kehamilan. Tau lah bahwa momen ini adalah momen mendebarkan bagi setiap wanita calon ibu (apalagi yang pertama kali), sehingga banyak lintasan pikiran yang kadang dikhawatirkan (oleh calon ibu dan ayah). Kadang anxiety di masa kehamilan justru menimbulkan ketidaknyamanan, entah dalam bentuk fisik maupun emosi. Nah, inilah pentingnya membangun positive thinking, bahkan menurutku bukan hanya sejak awal kehamilan, tapi sejak sebelum hamil atau sebelum menikah. Biasakan diri untuk bermind-set positif dan menyenangkan terhadap kehamilan. Just think that it’s fun! Salah satu caranya, sering-seringlah minta atau mencari berita dan cerita menarik tentang kehamilan dan melahirkan, gantilah bayangan mengerikan yang mungkin dulunya kita temukan dari film atau sinetron (hehe) yang kemudian tertanam di pikiran bahwa hamil dan melahirkan itu beratttt. Nah, saya sedang mau bersyukur nich, karena ternyata Allah mempertemukan saya dengan banyak orang di sekeliling (ibu, kakak ipar, teman-teman) yang sering memberi sugesti positif tentang kehamilan dan kelahiran. Minimal, sugesti yang kudapat dari mereka ada dalam bentuk kalimat-kalimat penyemangat, sudut pandang positif, sharing cerita menyenangkan dalam menjalani hari-hari perut yang semakin menggembung, atau pengalaman menarik and wonderful about childbirthing. Iya sich ada beberapa cerita melahirkan dari teman yang tampaknya agak berat (melalui proses persalinan yang panjang dan melelahkan) tapi subhanallah-nya, mereka tetap bisa berpikir dan berucap nyaman seolah mengabaikan rasa berat dan sakitnya, “Sangat menyenangkan kok..”. Memang kadang ada sich, aku menemui orang yang suka bercerita hal-hal yang horrible tentang hamil dan melahirkan, lebih pada cerita tentang berat, payah, atau sakitnya daripada dukungan untuk ‘mengabaikan’ rasa berat itu. Maka aku selalu berusaha mensugesti diri dalam hati ketika mendengarkan cerita begitu, “Tenang, all izz well… insya Allah akan baik-baik saja… amiin.” Mengajak janin bicara dan bercanda, serta menulis cerita-cerita menarik saat bersamanya bisa menjadi cara menyenangkan menjalani kehamilan. Kelak jika si bocah sudah lahir dan bisa membaca, bisa ditunjukin tuh tulisan kita tentang hari-hari saat mengandungnya. hehe. Alhamdulillah, bermanfaat sebagai support menjalani kehamilan yang nyaman dan menyenangkan.

Memang sich, fitrahnya hamil itu semakin ada beban dalam tubuh ibunda (karena janin terus tumbuh dan berkembang, aktif bergerak, nendang, berenang, guling-guling, goyang-goyang, dll. hehe), sebagaimana Allah mengabarkan dalam surat Luqman ayat 14, “…ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah…”. Dalam kalimat ‘wahnan ‘ala wahnin’ berarti kondisi lemah yang bertambah-tambah, seiring bertambahnya usia kandungan. Tapi insya Allah, dengan selalu berfikir positif dan husnudzon pada Robb semesta alam, Sang Maha Penjaga segala, meski ada rasa berat, akan tetap terasa menyenangkan membersamai tumbuh kembang si makhluk kecil di dalam rahim, tempat yang sangat nyaman untuknya.

1 april 2012, ranujunior 22weeks
.:: special thanks for all inspirational people ::.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s